Halo Pemudik, Nih Kawasan Rawan Longsor di Riau

kawasan rawan longsor

TOPMETRO.NEWS – Sejumlah titik kawasan rawan longsor di Riau, wajib diketahui khususnya pemudik. Setidaknya, pemerintah sudah mewanti-wanti, menjelang Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, intensitas curah hujan hampir seluruh daerah Provinsi Riau cukup tinggi. Sehingga, dengan begitu pemudik perlu mengantisipasi ruas atau kawasan rawan longsor maupun rawan banjir.

Ada 3 Kawasan Rawan Longsor

Dadang Eko Purwanto, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Riau seperti disiarkan GoRiau lewat Kabid Pemeliharaan Jalan, Budi Jaga Kaputra mengatakan, ruas jalan provinsi ada tiga ruas jalan yang rawan longsor dan satu ruas jalan rawan banjir.

baca artikel Anda | UNTUNG ADA TNI, BERSAMA MASYARAKAT, NKRI UTUH TERJAGA

”Ruas jalan ini statusnya jalan provinsi, bukan jalan kabupaten/kota atau nasional,” kata Budi, Selasa (10/12/2019).

kawasan rawan longsor2
foto | riauseruji

Perbatasan Riau-Sumbar

Ruas jalan provinsi yang rawan terjadinya longsor, sambung Budi, yakni ruas Jalan Rengat – Kuala Cenaku di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu).

Ruas Jalan Ujung batu – Rokan di Kabupaten Rokan Hulu batas Sumatera Barat, sebab masih jalan tanah dan sebagian rigid beton.

Terakhir, kata dia, ruas Jalan Lubuk Agung – Batu Sasak di Kabupaten Kampar batas Sumatera Barat.

“Untuk ruas jalan provinsi yang rawan banjir, yakni ruas Jalan Sontang – Simpang Jurong – Duri,” ungkap Budi.

Kawasan Jalan Rusak

Selain ruas jalan provinsi yang rawan longsor dan banjir, urai Budi, ada ruas jalan yang kondisi rusak dan dalam pemeliharaan Dinas PUPR Riau, yakni ruas Jalan Dalu-dalu – Mahato di Rokan Hulu, dimana masih ada jalan tanah sepanjang 3 kikometer dan kalau hujan berpotensi jalan rusak.

”Ruas Jalan Kandis -Tapung masih dalam masa pemeliharaan. Ruas Jalan Taluk Kuantan – Cerenti ini sedang masa pemeliharaan dan alat masih standby di lokasi. Begitu juga ruas Jalan Cerenti – Air Molek masa dalam masa pemeliharaan. Juga ruas Jalan Tapung – Tandun di Kampar dan ruas Jalan Sepahat – Sungai Pakning di Bengkalis sedang pemeliharaan.”

Siapkan Alat Berat

Menurut dia, masing-masing ruas jalan sudah ada satu set alat berat yang standby, seperti eskavator, dan greder, vibro.

Sedangkan untuk jalan nasional ruas Jalan Riau – Sumatera Barat yang rawan longsor, informasi yang didapatnya dari Satker Perencanaan dan Pengawasan Jalan Nasional (P2JN), saat ini ada posko di Rantau Berangin kilometer 76.

“Di posko itu standby alat berat, seperti ekskavator dan bekoloder, serta 2 unit dumb truk dan trado. Posko P2JN tepatnya didekat jembatan Rantau Berangin, Kampar.”

baca selengkapnya | ASYIK, NATAL 2019, RUAS TOL PEKANBARU – MINAS SUDAH BEROPERASI

Seperti diwartakan TOPMETRO.NEWS sebelumnya, ruas tol Pekanbaru-Dumai, seksi I yang menghubungkan Pekanbaru dengan Minas sepanjang 9,5 kilometer sudah bisa dioperasikan jelang Natal 2019 tahun ini. Ruas tol Pekanbaru ini akan sangat membantu warga karena akan memotong jarak tempuh Pekanbaru – Minas yang selama ini cukup lama karena jalan berliku dan memiliki tikungan tajam.

”Akhir tahun ini sudah bisa dioperasikan, khusus untuk Seksi I, Pekanbaru – Minas,” ujar Dadang Eko Purwanto, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan (PUPR) Provinsi Riau, Senin (2/12/2019).

sumber | go riau

Related posts

Leave a Comment